Minggu, 20 Oktober 2019

Pantai Walakiri, Pantai Surga di Nusa Tenggara Timur


Jika berlibur ke Sumba, tidak afdal rasanya jika tidak main ke pantai. Sumba selain terkenal dengan padang savanna dan bukit-bukitnya yang menjadi habitat kawanan kuda liar, juga tersohor akan pantai-pantainya yang memiliki karakter berbeda-beda. Salah satu pantai yang hukumnya wajib di kunjungi jika ke Sumba adalah Pantai Walakiri. Pantai Walakiri? Iya, pantai Walakiri. Memangnya ada pantai Walakanan? Tidak ada. Walakiri terletak di Kabupaten Sumba Timur, Kecamatan Pandawai, Desa Watumbaka. Berjarak kurang lebih 40 kilometer dari kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur, atau sekitar 1 jam berkendara. Jalan menuju pantai Walakiri sebenarnya sudah sangat mendukung dengan kondisi jalan yang sudah diaspal, namun kendaraan umum yang menghubungkan Walakiri dengan Waingapu masih sangat terbatas. Jadi untuk mengunjungi pantai ini, kebanyakan pengunjung menggunakan kendaraan pribadi.
Memiliki garis pantai yang memanjang serta pada saat surut air sangat jauh meninggalkan pantai, sehingga membentuk bidang seperti lapangan sepak bola. Anak-anak pun berlarian saling berkejaran, ada yang bermain bola atau sekedar saling berkejaran. Keceriaan mereka, tawa yang lepas, senyum yang tersungging dari bibir mungil mereka membuat siapapun yang menyaksikannya turut bahagia dan tentram. Pemandangan ini membuat Walakiri terasa sangat hidup dan mengesankan.

Berkunjung ke Walakiri pada saat sore hari memang sangat bagus. Selain menyaksikan anak-anak yang bermain di pantai, pengunjung juga bisa menikmati gorengan yang masih panas, dengan berbagai macam soft drink sambil menunggu matahari terbenam. Selain soft drink juga tersedia kopi hitam, teh panas ataupun kopi susu. Dan paling special adalah kelapa muda yang baru dipetik pada saat ada yang memesan. Jadi kesegarannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Seketika lelah dari kota Waingapu terbayarkan.
Momen terbaik di Walakiri adalah ketika matahari perlahan menuju ke peraduannya. Air laut yang beriak kecil-kecilan memendarkan sinar keemasan sebagai hasil pembiasan dari sinar matahari bak hamparan permadani berlapis emas, berkilau dan membuat mata terpukau. Selain itu di salah satu sudut pantai Walakiri yang ditumbuhi mangrove, terdapat satu spot yang sangat bagus dan mempesona untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Beberapa pohon mangrove kerdil, yang menjadi pelengkap alami semakin mendramatisir suasana matahari yang akan terbenam. Berfoto siluet diantara pepohonan kerdil yang seolah menari dengan latar langit sore yang semakin menjingga seiring matahari yang terbenam menjadi pengalaman yang tak terlupakan di Pantai Walakiri.

Dengan pesona yang ditawarkan, wajar jika Pantai Walakiri mendapat julukan Pantai Surga di Nusa Tenggara Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar